S1 Manajemen

Overview

Visi, Misi dan Tujuan Program Studi Manajemen

Visi Program Studi Manajemen

  • Terwujudnya Program studi Manajemen unggulan tingkat nasional pada tahun 2018 yang menitikberatkan lulusannya dapat mengembangan kewirausahaan.

Misi Program Studi Manajemen

  • Menyelenggarakan pendidikan dalam ilmu manajemen sumberdaya manusia, operasi, pemasaran, dan keuangan secara profesional yang memiliki keunggulan bersaing, khususnya yang berkaitan dengan pengembangan kewirausahaan;
  • Menyelenggarakan pengajaran yang berbasis empat pilar pendidikan (dosen, mahasiswa, kurikulum, dan sumber belajar);
  • Menyelenggarakan penelitian yang aplikatif untuk kepentingan pengguna, pengembangan ilmu pengetahuan, dan peningkatan kemampuan dosen dalam manajemen sumberdaya manusia, operasi, pemasaran, dan keuangan, khususnya yang berkaitan dengan pengembangan kewirausahaan;
  • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang berkaitan dengan implementasi manajemen sumberdaya manusia, operasi, pemasaran, dan keuangan, khususnya yang berkaitan dengan kewirausahaan.

Tujuan Program Studi Manajemen

  • Tujuan umum Program Studi Manajemen adalah menghasilkan lulusan yang memiliki kualifikasi, kompetensi, serta daya nalar dan analisis yang mendalam untuk memecahkan setiap persoalan manajemen yang dihadapi oleh perusahaan atau bisnis dan kewirausahaan, secara cerdas, bijaksana, dan profesional.
  • Tujuan khusus Program Studi Manajemen adalah :
  1. Meningkatkan kemampuan akademis dan profesionalitas lulusan guna memiliki daya saing, baik secara nasional maupun internasional dalam bidang manajemen sumberdaya manusia, operasi, pemasaran, dan keuangan, khususnya yang berkaitan dengan pengembangan kewirausahaan;
  2. Meningkatkan iklim pendidikan yang kondusif dan proses belajar mengajar yang dinamis, khususnya yang berkaitan dengan pengembangan kewirausahaan;
  3. Meningkatkan kemampuan akdemis dan profesinal lulusan dalam mengungkapkan fakta guna pengambilan keputusan manajemen sumberdaya manusia, operasi, pemasaran, dan keuangan, khususnya yang berkaitan dengan pengembangan kewirausahaan;
  4. Meningkatkan kemampuan dalam mengembangkan ilmu manajemen sumberdaya manusia, operasi, pemasaran, dan keuangan, untuk manfaat lingkungan masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan pengembangan kewirausahaan.

Untuk menunjang tercapainya tujuan Program Studi Manajemen tersebut, telah dimulai dari penataan kurikulum berbasis kompetensi dengan pola pembidangan (konsentrasi) yang sampai dengan saat ini meliputi :

  1. Manajemen Sumber Daya Manusia
  2. Manajemen Operasional
  3. Manajemen Pemasaran
  4. Manajemen Keuangan

Pembidangan tersebut dapat dipilih oleh mahasiswa dalam menyelesaikan studinya, sesuaidengan  karir dan profesi yang akan dipilihnya. Dengan penetapan arah yang demikian  diharapkan  mahasiswa memperoleh dasar – dasar pengetahuan yang cukup sehingga mempunyai potensi untuk mengembangkan diri dan dapat meningkatkan jenjang jabatan yang lebih tinggi serta berhasil dalam pengembangan kewirausahaan.

Kurikulum Kami

Untuk mencapai tujuan dari program studi manajemen yang ingin menghasilkan lulusan yang memiliki kualifikasi, kompetensi, serta daya nalar dan analisis yang mendalam untuk memecahkan setiap persoalan manajemen maka di susun suatu sistem kurikulum. Kurikulum  Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi UNKRIS adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi atau bahan kajian dan   pelajaran serta cara penyampaian dan penilaian terhadap hasil-hasilnya sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar pada Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi UNKRIS. Untuk tahun akademik 2015/2016 diberlakukan kurikulum operasional baru, selanjutnya disebut kurikulum 2015 sebagai penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya.

Yang mendasari perubahan kurikulum tersebut adalah : pertimbangan perkembangan bisnis lokal, regional, nasional, internasional, dan global serta berdasarkan hasil pertemuan konsorsium Program Studi Manajemen dan Forum Dekan Fakultas Ekonomi.

  1. Kurikulum Institusional  Program Studi Manajemen

Kurikulum Institusional Program Studi Manajemen terdiri dari kelompok-kelompok mata kuliah sebagai berikut ini :

  1. Kelompok Mata Kuliah Wajib Fakultas.
  2. Kelompok Mata Kuliah Wajib Jurusan/Program Studi
  3. Kelompok Mata Kuliah Wajib Konsentrasi.
  4. Kelompok Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi

SEMESTER 1

  • Pendidikan Agama
  • Pendidikan Kewarganegaraan
  • Pengantar Ilmu Ekonomi
  • Pengantar Manajemen
  • Pengantar Akuntansi
  • Bahasa Inggris
  • Matematika Bisnis

SEMESTER 2

  • Pengantar Bisnis
  • Pengantar Teknologi Informasi
  • Statistika Bisnis I
  • Hukum Bisnis
  • Teori Ekonomi Mikro
  • Teori Ekonomi Makro
  • Bahasa Indonesia

SEMESTER 3

  • Perilaku Organisasi
  • Statistika Bisnis II
  • Manajemen Koperasi
  • Akuntansi Biaya
  • Ekonomi Manajerial
  • Perpajakan
  • Perekonomian Indonesia
  • Bank & Lembaga Keuangan Lainnya

SEMESTER 4

  • Manajemen Keuangan
  • Manajemen Pemasaran
  • Manajemen Operasi
  • Manajemen SDM
  • Sistem Informasi Manajemen
  • Penganggaran Bisnis
  • Kewirausahaan

SEMESTER 5

Wajib Fakultas:

  • Riset Operasi & TPK
  • Manajemen Perubahan
  • Etika Bisnis
  • Lembaga Keuangan Syariah

Konsentrasi Manajeman Keuangan:

  • Teori Portofolio& Analisis Investasi
  • Analisis Laporan Keuangan
  • Manajemen Keuangan Kewirausahaan

Konsentrasi Manajemen Pemasaran:

  • Manajemen Pemasaran Internasional
  • Perilaku Konsumen
  • Manajemen Pemasaran Kewirausahaan

Konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM):

  • Hubungan Internasional
  • Pengupahan
  • Manajemen SDM Kewirausahaan

Konsentrasi Manajemen Operasi:

  • Manajemen Logistik
  • Manajemen Mutu dan Produktivitas
  • Manajemen Operasi Kewirausahaan

SEMESTER 6

Wajib Fakultas:

  • Manajemen Strategi
  • Studi Kelayakan Bisnis
  • Komunikasi Bisnis
  • Akuntansi Manajemen
  • Pengantar Bisnis Internasional
  • Kuliah Kerja Kunjungan Perusahaan

Konsentrasi Manajeman Keuangan:

  • Pasar Uang dan Pasar Modal
  • Manajemen Keuangan Internasional
  • Perencanaan Bisnis

Konsentrasi Manajemen Pemasaran:

  • Manajemen Merk
  • Strategi Pemasaran
  • Sistem Informasi Pemasaran

Konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM):

  • Perencanaan SDM
  • Pengembangan SDM
  • Evaluasi Kinerja

Konsentrasi Manajemen Operasi:

  • Manajemen Proyek
  • Manajemen Lingkungan
  • Manajemen Pemeliharaan

SEMESTER 7

Wajib Fakultas:

  • Metode Penelitian Bisnis
  • Seminar Manajemen
  • Manajemen Resiko
  • Seminar Bisnis & Kewirausahaan

Konsentrasi Manajeman Keuangan:

  • Seminar Manajemen Keuangan

Konsentrasi Manajemen Pemasaran:

  • Seminar Manajemen Pemasaran

Konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM):

  • Seminar Manajemen SDM

Konsentrasi Manajemen Operasi:

  • Seminar Manajemen Operasi

SEMESTER 8

  • SKRIPSI
Kelas Internasional

Kelas Internasional di lingkungan FE disebut : IUP (Internasional Undergraduate Program) Fakultas Ekonomi Unkris. IUP adalah Kelas Reguler baik program studi Manajemen atau Program Studi Akuntansi dengan menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam proses belajar mengajar. Status, kedudukan, dan kurikulum IUP FE Unkris mengikuti atau sama dengan kelas reguler, dengan berbagai kelebihan.

Kontak

-

Close Menu